Software Komputer Akuntansi Berbasis DOS Yang Masih Menjadi Primadona

Di era modern ini, sudah tidak zaman lagi menggunakan sistem manual dalam membuat laporan keuangan atau membuat pembukuan. Ya, sistem manual memang tidak sudah efektif lagi untuk mengelola proses akuntansi di dalam sebuah perusahaan.

Sebagai gantinya, dewasa ini telah bermunculan software akuntansi yang siap untuk mempermudah pekerjaan para akuntan. Penggunaan software akuntansi dianggap lebih efektif untuk membuat jurnal umum, buku besar, neraca saldo, laporan laba atau rugi, dan lainnya.

Terlebih sekarang ini para pengembang software saling berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah perangkat lunak yang terbaik untuk perusahaan baik kecil maupun besar.

Software Komputer Akuntansi Berbasis DOS Yang Masih Menjadi Primadona

Software Komputer Akuntansi Berbasis DOS Yang Masih Menjadi Primadona

Nah, mungkin Anda masih bingung mau memilih software apa yang cocok untuk perusahaan Anda. Tak perlu bingung dan ragu lagi, karena software komputer akuntansi berbasis DOS mungkin layak dipilih untuk mempermudah pekerjaan akuntansi di perusahaan Anda.

Sampai saat ini masih banyak perusahaan yang mempercayakan masalah keuangannya pada software yang satu ini. Mungkin karena perusahaan tersebut tidak mau lagi mengeluarkan banyak uang dalam membeli untuk membeli software yang baru atau enggan untuk menggantinya karena sudah merasa cukup dan nyaman dengan software akuntansi berbasis DOS.

Agar lebih mengenal sistem kerja dari software komputer akuntansi, berikut akan disajikan kelebihan dan kekurangan dari software akuntansi berbasis DOS.

Kelebihan Software Komputer Akuntansi Berbasis DOS

  1. Tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi

    Software komputer akuntansi ini dapat dijalankan meskipun spesifikasi komputer di perusahaan Anda sangat minim. Jadi Anda tidak perlu membeli lagi komputer dengan spesifikasi tinggi, karena software ini dapat berjalan meskipun komputernya hanya berpentium 1.

  2. Respon cepat

    Pekerjaan Anda akan cepat terselesaikan karena respon dari software ini sangat cepat. Respon yang cepat tentu akan menambah gairah Anda dalam bekerja, sehingga pekerjaan menjadi lancar.

  3. Jarang terkena virus

    Kebanyakan virus menjangkiti software yang menggunakan sistem operasi Windows, sedangkan software yang satu ini menggunakan sistem operasi DOS, sehingga aman dari virus.

  4. Real time

    Setiap data yang dimasukkan ke dalamnya secara otomatis akan tersimpan pada database. Jadi jika tiba-tiba komputer mati atau listriknya mati, Anda tidak perlu lagi menginput data dari awal, karena semua telah tersimpan rapi di database.

Kekurangan Software Komputer Akuntansi Berbasis DOS

  1. Tampilannya masih hitam putih

    Tampilan yang hitam putih memberikan kesan kuno dan tidak modern. Selain itu, tampilan ini juga akan membuat Anda tidak nyaman dalam proses menginput data.

  2. Memerlukan printer dot matriks

    Jika ingin mencetak hasil kerjanya, maka memerlukan printer dot matriks yang perawatannya sangat mahal dan juga menimbulkan suara yang berisik, sehingga mengganggu kinerja dari pegawai lain.

  3. Mencetaknya memerlukan kertas khusus

    Karena menggunakan printer dot matriks, maka mencetaknya pun harus menggunakan kertas A3 yang tentu saja kurang efisien.

  4. Sulit melakukan upgrade

    Setiap perusahaan pasti nantinya akan berkembang, nah kelemahan dari software komputer akuntansi yang satu ini adalah sulit sekali untuk meng-upgrade-nya. Jadi, ini merupakan tantangan tersendiri bagi Anda jika nantinya perusahaan mengalami perkembangan yang sangat pesat.

    Jika memang sudah merasa kesulitan dalam proses meng-upgrade maka Anda bisa mencoba software yang lainnya. Meskipun Anda harus mengeluarkan uang lagi, namun untuk menunjang kinerja perusahaan mengapa tidak.

Sebelum berencana untuk membeli software akuntansi, hendaknya Anda mempertimbangkan antara kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu agar nantinya tidak menyesal. Informasi tentang software komputer akuntansi berbasis DOS yang telah disajikan di atas semoga menambah pengetahuan dan dapat menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum memilih software yang cocok diterapkan pada perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *