Tips Menghindari Virus dan Malware di Android

Tips untuk menghindari serangan virus dan malware di perangkat Android yang kita miliki. Pengertian Virus itu sendiri  adalah satu program yang dibuat untuk menyusup ke perangkat pengguna tanpa ijin dengan tujuan merusak. Serupa dengan Virus, Malware sendiri merupakan sekumpulan script, bahasa pemrograman yang kerap disusupkan kedalam sebuah aplikasi untuk menginfeksi dengan tujuan merusak, mencuri data atau melakukan remote atau pengendalian jarak jauh. Baca juga download shareit 2017

Dibawah ini saya akan bagikan beberapa Tips untuk menghindarkan kita dari serangan Virus atau Malware.

  1. Virus atau malware rata-rata berasal dari aplikasi atau games, oleh karena itu selalu prioritaskan mengunduh aplikasi dan game langsung dari Google Play perangkat Android kita. Seandainya kita mengunduh aplikasi atau games yang berasal dari sumber lain, selalu upayakan dilakukan lewat PC atau notebook yang dilengkapi dengan AntiVirus yang selalu diperbarui.
  2. Bila tidak memungkinkan untuk mengunduh aplikasi lewat PC/Notebook, usahakan pada perangkat Android kita telah memiliki aplikasi antivirus, banyak yang gratis tapi tentu lebih bagus yang berbayar.
  3. Kita harus pahami dan pelajari tentang otorisasi aplikasi atau games yang akan kita pasang, contohnya tentang akses fitur.Wifi gratis siapa yang tidak mau, tapi hati-hati kebanyakan virus/malware masuk lewat kerentanan keamanan dari jaringan tersebut.
  4. Selalu lakukan Update baik itu Sistem Operasi maupun aplikasi atau games secara berkala.Melakukan Backup secara berkala (ini yang terpenting), meliputi aplikasi atau games yang telah diinstalasi, daftar kontak, SMS, atau data penting lainnya.

Kiranya beberapa tips diatas bisa kita gunakan untuk menghindarkan perangkat Android kita dari serangan virus dan malware.  Sumber : sofwareworld

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *