Bahayakah Kutil Kelamin Bagi Janin Dalam Kandungan?

Kutil kelamin merupakan salah satu infeksi yang perlu diwaspadai, apalagi untuk ibu hamil. Karena pada ibu hamil kutil kelamin akan semakin bertambah ‘subur’ akibat dari kondisi kelamin yang semakin lembab karena cairan vagina dan juga perubahan hormonal. Oleh karena itu, ibu harus lebih intens untuk menjaga area vagina agar tetap bersih dan kering sehingga dapat mengurangi kesuburan kutil kelamin.
Bahayakah Kutil Kelamin Bagi Janin Dalam Kandungan
Kutil kelamin ini disebabkan virus HPV yang cukup mengganggu ibu hamil karena daerah yang diserang adalah area-area kelamin yang merupakan salah satu jalan utama yang digunakan untuk melahirkan bayi. Selain itu, ketika kutil kelamin yang sudah menyebar akan membuat ibu hamil semakin kesulitan ketika buang air kecil. Belum lagi bisa menjadi menjadi masalah saat melahirkan, contohnya terjadinya pendarahan ketika melahirkan sehingga membahayakan ibu dan bayi. Baca juga: obat kutil kelamin

Meskipun kutil kelamin tidak berbahaya bagi janin, namun proses pengobatan ibu hamil yang mengonsumsi obat-obatan kimia maupun tindakan-tindakan medis untuk menghilangkan kutil kelamin ternyata cukup beresiko bagi ibu hamil dan juga kandungannya. Oleh karenanya perlu pendampingan khusus serta konsultasi dengan tenaga medis untuk mengobati atau menghilangkan kutil kelamin pada ibu hamil.

Satu hal lagi yang perlu diketahui juga bahwa bayi dapat tertular penyakit dari ibu yang mengandungnya. Ketika bayi telah dilahirkan secara normal, bisa jadi bayi tertular kutil kelamin karena bayi keluar melalui vagina ibu. Dan yang mengkhawatirkan adalah jika kutil kelamin ini tumbuh pada mulut atau tenggorokan bayi sehingga mengakibatkan bayi kesulitan untuk bernafas. Dokter juga harus berhati-hati ketika melakukan tindakan medis pada bayi, karena kondisi bayi yang baru saja dilahirkan masih cukup rentan. Baca juga: obat sipilis

Untuk itu sebagai langkah pencegahan karena mencegah lebih baik daripada mengobati, ada baiknya bagi para wanita yang masih perawan segera melakukan vaksinasi HPV sedini mungkin. Agar mengurangi resiko tertular virus ini ketika melakukan hubungan intim dengan pasangannya. Selain itu, vaksinasi ini juga berguna untuk mengurangi resiko menularkan virus ini kepada keturunannya kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *