Keistimewaan Melaksanakan Ibadah Umroh di Bulan Ramadhan

Keistimewaan Melaksanakan Ibadah Umroh di Bulan Ramadhan – Dijelaskan dalam hadits dalam Shahihain dari Ibnu Abbas,

فَإِنَّ عُم�’رَةً فِيهِ تَع�’دِلُ حَجَّةً

“Umrah di bln. Ramadhan pahalanya seperti beribadah haji”

dalam kisah lain dijelaskan,

حَجَّةً مَعِي

“ (pahalanya seperti) haji bersamaku”

Jadi keutamaan Umrah di bln. Ramadhan tampak terang dari pengucapan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam yakni saat beliau menyampaikan, “pahalanya seperti haji”. Berdasar pada hadits itu beberapa ulama berkesimpulan kalau pahala umrah Ramadhan sama dengan haji, untuk semuanya yang berumrah di bln. Ramadhan.

Tetapi beberapa ulama memiliki pendapat kalau hadits ini spesial untuk wanita sebagai sebab datangnya hadits ini. Saat Rasulullah ajukan pertanyaan padanya, “Kenapa engkau tidak berhaji bersamaku? ” yang lalu dijawab lantaran kurangnya sarana, hingga suaminya dapat berhaji berbarengan Rasulullah, sedang wanita ini tetaplah tinggal di tempat tinggalnya untuk mengurus masalah tempat tinggal tangganya.

Jadi lalu Rasulullah berkata padanya, “Apabila kelak datang bln. Ramadhan, jadi berumrahlah, lantaran umrah di bln. Ramadhan pahalanya sama dengan beribadah haji”.

Beberapa ulama memiliki pendapat kalau keutamaan ini spesial untuk wanita ini saja. Salah satunya pengucapan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, bisa dipahami dari pengucapan beliau kalau ini cuma spesial untuk wanita ini. Walau demikian pendapat beberapa besar beberapa ulama serta beberapa pakar hadits kalau keutamaan itu tidak cuma spesial untuk wanita itu walau demikian untuk kebanyakan orang yang berumrah pada bln. Ramadhan.

Oleh karena itu Imam Bukhari meletakkan hadits ini pada ‘Bab : Umrah Di Bln. Ramadhan‘. Mengenai Imam Muslim meletakkannya pada ‘Bab : Keutamaan Umrah Di Bln. Ramadhan’. Peletakan bab yang didapatkan dari Imam Bukhari tunjukkan keterangan beliau tentang hal semacam itu, demikian pula peletakan bab oleh Imam Muslim. Hingga, beberapa ulama dari kelompok pakar hadits serta pakar fikih pada umumnya mengatakan kalau keutamaan umrah di bln. Ramadhan ini berlaku untuk semuanya yang berumrah, tidak cuma spesial untuk wanita yang dijelaskan dalam hadits.

Paket Umroh RAMADHAN, Seat TERBATAS !!!

Ini yang berkaitan dengan umrah di bln. Ramadhan serta keutamaannya. Pertama, adakah keutamannya? Ya, pahalanya seperti beribadah haji. Ke-2 apakah itu umum atau spesial untuk orang spesifik? Jadi itu umum untuk semuanya yang berumrah, dalilnya yaitu keumuman sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kalau umrah di bln. Ramadhan pahalanya sama dengan beribadah haji.

Mengenai pengucapan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah yaitu dalam rencana menerangkan kekeliruan beberapa orang yang umrah berkali-kali, masuk Mekkah lalu keluar lagi lalu masuk lagi dan sebagainya, hingga umrah-umrah berulang tak termasuk juga dalam sabda Nabi “pahalanya sama dengan beribadah haji”.

Lalu yang butuh di perhatikan juga yaitu kalau perkara ini yaitu permasalahan pahalanya. Bila ada yang ajukan pertanyaan, “bagaimana mungkin saja sama dengan haji? Walau sebenarnya amalan yang dikerjakan waktu haji semakin banyak? ”. Jadi ini seperti sabda Rasul mengenai surat Al Ikhlas yang sekali membacanya sepadan dengan 1/3 al Quran, walau sebenarnya cuma 4 ayat saja. Jadi yang disamakan yaitu pahalanya, meskipun pada beribadah haji semakin banyak aktivitasnya serta kesulitannya.

Mengenai yang berkaitan dengan mana yang lebih paling utama umrah di bln. ramadhan atau umrah di bln. Dzulqa’dah. Jadi yang butuh di ketahui yaitu tak ada satupun keterangan dari Nabi yang menerangkan keutamaan umrah di bln. Dzulqa’dah. Walau demikian yang ada yaitu satu kenyataan kalau umrah yang Nabi kerjakan senantiasa dikerjakan di bln. Dzulqa’dah. Oleh karenanya, saat Allah senantiasa memilihkan bln. Dzulqa’dah sebagai saat umrah Nabi, berlangsung perselisihan pada beberapa ulama mana yang lebih paling utama, umrah di bln. Ramadhan atau di bln. Dzulqa’dah. Lantaran Nabi senantiasa lakukan umrah di bln. Dzulqa’dah.

Jumhur ulama memiliki pendapat kalau keutamaan umrah di bln. Ramadhan itu lebih kuat. Mengenai Umrah di bln. Dzulqa’dah, tak ada dalil yang menerangkan keutamaannya terkecuali keutamaan beradaptasi dengan perbuatan Nabi. Umrah di bln. Ramadhan ada dalil yang mengatakan keutamaannya, tak seperti umrah di bln. Dzulqa’dah meskipun umrah di bln. Dzulqa’dah juga yaitu satu beribadah yang paling utama. Sehinga umrah dibulan Ramadhan sesuai sama sunnah yang Rasulullah katakan.

Keistimewaan Melaksanakan Ibadah Umroh di Bulan Ramadhan - Suasana Ramadhan di Madinah

Keistimewaan Melaksanakan Ibadah Umroh di Bulan Ramadhan – Suasana Ramadhan di Madinah

Keutamaan umrah di bln. Ramadhan yaitu setara pahalanya dengan pahala beribadah haji, seperti dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mengenai Umrah di bln. Dzul Qo’dah keutamaannya yaitu mencocoki apa yang dikerjakan Nabi, lantaran Nabi tiap-tiap berumrah senantiasa dikerjakan di bln. Ramadhan. Walau demikian pendapat beberapa besar ulama Fikih ataupun Hadits yaitu kalau umrah di bln. Ramadhan itu lebih paling utama.

Satu hal yang butuh di perhatikan juga, yang mengherankan yaitu apa yang dikerjakan beberapa orang sesudah dia mendengar pendapat salah seseorang alim atau guru atau Syaikh, lalu bila disebutkan padanya kalau permasalahan ini terdapat banyak pendapat, jadi dia katakan, “Si Fulan yang memiliki pendapat tidak sama itu, begini serta begitu”. Wahai saudaraku, perkaranya luas serta bukanlah sebagai fasilitas untuk mentahdzir orang dalam permasalahan ini. Ibnul Qayyim rahimahullah saat mengatakan permasalahan ini, beliau menyampaikan kalau ini yaitu pilihan, siapa yang mempunyai pengetahuan yang lebih dalam mengenai permasalahan ini, jadi sebaiknya dia berikan faidah pada kami. Saksikan bagaimana ulama berlaku dalam permasalahan khilaf seperti ini. Janganlah engkau menjadikan pendapat seseorang Syaikh atau seseorang Alim dalam permasalahan yang diperselisihkan seperti ini, jadi pemisah serta pemecah iris pada manusia. Ini yaitu permasalahan pilihan, bila pendapat yang engkau ambillah itu yaitu pendapat seseorang Alim, jadi disana ada juga ulama lain yang memiliki pendapat lain. Hingga sepatutnya kita berlaku dalam permasalahan seperti ini dengan baik, lembut serta tenang. Jangan pernah seorang ta’ashub dengan pendapat yang telah terang ada perselisihan yang kuat diantara ulama mengenai hal semacam itu.

Bln. Ramadhan yaitu bln. baik, bln. yang penuh barokah. Jadi bakal begitu jadi harapan tiap-tiap umat manusia untuk dapat selalu menjumpai bln. Ramadhan dengan cara berkali-kali tiap-tiap th. untuk memperoleh keberkahan itu. Sebab pada bln. Ramadhan penuh dengan bebrapa kelebihan. Di bln. itu, apabila kita kerjakan beribadah serta amal baik jadi bakal memperoleh pahala yang berlipat dibanding bebrapa bln. lain. Termasuk juga menggerakkan beribadah umrah waktu Ramadhan.

Umrah yaitu satu diantara beribadah yang mempunyai kelebihan yang mengagumkan. Terlebih bila ibadahnya dikerjakan pada bln. Ramadhan. Beribadah umrah tidak sama dengan haji, pahalanya juga tidak sama. Tetapi ada pengecualian pada umrah Ramadhan yang banyak keutamaan. Ada satu hadits yang mengatakan kalau Nabi Muhammad memerintahkan masyarakat Anshar untuk melakukan umrah Ramadhan sebab pahalanya menyamakan beribadah haji.

Bahkan juga ada juga hadits lain yang meriwayatkan kalau umrah Ramadhan sama dengan melakukan haji dengan Rosulullah. Dari sebagian hadits yang sudah diriwayatkan itu tunjukkan kalau keutamaan umrah di bln. Ramadhan sangat besar. Tetapi terdapat banyak ulama yang tidak sama pendapat menanggapi hadits-hadits itu.

Ada ulama yang memiliki pendapat kalau keutamaan umrah itu cuma dikhususkan pada orang yang waktu itu di ajak bicara Rosulullah. Tetapi ada juga pendapat lain yang dikemukakan oleh seseorang ulama yang bernama Ibnu Katsir. Beliau menyebutkan kalau keutamaan umrah di bln. Ramadhan itu diperuntukkan pada orang yang mempunyai kemauan berhaji tetapi tak dapat melakukannya.

Hingga saat orang itu dapat melakukan beribadah umrah pada bln. Ramadhan, jadi orang itu bakal memperoleh keutamaan pahala seperti melakukan haji dengan cara prima berbarengan Rosulullah. Sebab sudah menyatu kemauan hajinya yang tidak bisa terwujud dalam proses umrah Ramadhan yang waktu itu digerakkan.

Sedang sebagian besar ulama memiliki pendapat kalau keutamaan umrah di bln. Ramadhan pada hadits itu tidak cuma dikhususkan pada orang yang waktu itu di ajak bicara oleh nabi saja maupun lantaran kondisi spesifik. Sebagian besar ulama yang menyebutkan hal semacam ini termasuk juga ulama empat madzab. Jadi berikut pendapat yang bisa kita menjadikan referensi kebenaran tentang keutamaan beribadah umrah di bln. Ramadhan.

Tetapi yang butuh digarisbawahi yaitu umrah yang dikerjakan pada bln. Ramadhan tetaplah tidak sama dengan menunaikan beribadah haji walau keutamaannya sama juga dengan melakukan beribadah haji. Hingga umrah Ramadhan tetaplah tidak bisa menggugurkan keharusan Anda yang dapat untuk menunaikan beribadah haji. Jadi berdasar pada hadits diatas penyamaan umrah di bln. Ramadhan dengan haji cuma dalam soal pahalanya saja, tetapi dengan cara hukum serta proses ke-2 beribadah itu terang tidak sama.

Diluar itu juga ada keutamaan lain waktu melaksanakan ibadah umrah di bln. Ramadhan yakni saat malam Lailatul Qadar tiap-tiap beribadah yang kita kerjakan bakal memperoleh balasan kebaikan yang berlipat-lipat bahkan juga tambah baik dari malam seribu bln.. Tiap-tiap amalan sunah di bln. Ramadhan nilai pahalanya bakal sejumlah dengan beribadah harus. Beribadah yang hukumnya harus, pada bln. Ramadhan bakal memperoleh pahala 70kali semakin besar dibanding pada bln. lain. Hingga dengan melakukan beribadah umrah di bln. itu pasti bakal memperoleh pahala yang jauh semakin besar nanti.

Tetapi melakukan beribadah umrah di bln. Ramadhan juga harus juga memerhatikan kondisi diri si jamaah dan kekuatan dalam soal saat melakukan umrah pas di bln. Ramadhan. Kekuatan fisik jamaah juga begitu utama sebelumnya pilih waktu itu. Mengingat waktu berumrah di bln. Ramadhan bermakna Anda mesti mempunyai tenaga ekstra sebab berbarengan dengan melakukan puasa.

Terlebih kondisi iklim disana yang begitu panas tidak sama dengan di negara kita. Tetapi semua dikembalikan pada kita yang meniatkan beribadah umrah di bln. Ramadhan untuk memperoleh beragam keutamaan yang semakin besar dibanding bebrapa bln. lain. Melakukan umrah di bln. Ramadhan dapat dikerjakan pada awal bln., pertengahan, maupun akhir bln. ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *