Manfaat dan Kandungan Gizi dari Buah Pisang

Manfaat dan Kandungan Gizi dari Buah Pisang – Buah yang satu ini bisa anda dapat atau di temukan dengan mudah di sekitar kita. Mengingat iklim tropis di Indonesia dengan curah hujan yang seimbang, buah-buahan ini akan tumbuh subur setiap bulannya.

Manfaat pisang

Buah bisang merupakan buah-buahan yang kaya akan karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energy bagi tumbuh manusia. Adapun kandungan Mineral pada buah pisang ini seperti Zat besi, fosfor, magnesium, kalium, serta kalsium yang cukup tinggi mampu dengan cepat di serap oleh tubuh kita. Oleh karenanya, buah pisang ini sangat di gemari di Negara kita termasuk Negara pengkonsumsi terbanyak buah pisang yaitus seperti Amerika dan Afrika. Selain buah yang sangat mudah di dapatkan atau di temukan juga mengkonsumsi buah ini sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan. Terlebih, kandungan yang terdapat pada pisang ini memiliki kandungan Gizi yang beragam dan sangat baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Adapun beberapa manfaat dan kandungan Gizi dari buah pisang antara lain sebagai berikut :

  • Berfungsi sebagai Vitamin B1

Vitamin yang terdapat pada buah pisang ini sangat berperan penting bagi folikel rambut, kandungan Vitamin ini dapat membantu menyehatkan folkul, sehingga pertumbuhan rambut normal dan tidak akan menimbulkan kerontokan, rambut kusam serta bercabang.

  • Berfungsi sebagai Vitamin B2

Asupan vitamin ini berperan untuk membentuk sel darah merah pada kulit kepala, sehingga rambut akan terhindar dari masalah rambut seperti rambut rontok, rambut kusam, serta rambut berminyak.

  • Berfungsi sebagai Vitamin B3

Asupan vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan aliran sirkulasi darah pada kulit kepala, sehingga vitamin dapat dengan mudah masuk ke akar rambut dan rambut menjadi lebih kuat dengan baik dan sehat.

  • Berfungsi sebagai Vitamin B6

Asupan vitamin ini sangat berfungsi  untuk membantu kelancaran system sayarap, dan membantu pertumbuhan sel baru, sehingga sangat baik untuk meregenerasi atau pertumbuhan rambut telah berubah atau rontok. Mengingat, dari satu buah pisang segar dan matang terdapat 35% Vitamin B6.

  • Berfungsi sebagai Asupan Protein

Protein merupakan salah satu zat utama yang berfungsi untuk pertumbuhan rambut. Mengingat, rambut sangat membutuhkan protein sebanayak 98%, dan jika ini terpenuhi maka rambut akan terjaga kesehatannya.

  • Berfungsi sebagai Provitamin A

Asupan vitamin ini biasanya sering di temukan dalam buah-buahaan yang berwarna kuning, merah, dan hijau serta sayur-sayuran yang berwarna hijau. Provitamin yang kita makan ini akan berubah menjadi Vitamin A yang sangat di butuhkan oleh tubuh terutama rambut, sehiingga rambut akan terjaga kesehatannya dengan kelembutan, dan dapat memperbaiki akar rambut, serta tidak akan mudah rontok.

  • Berfungsi sebagai Vitamin D

Dalam penyerapan kalsium ke dalam tubuh ini biasanya karena asupan mengkonsumsi Vitamin D. Vitamin D yang merupakan sumber kesehatan tulang, tak hanya itu namun juga sangat baik bagi pertumbuhan rambut. Jika kekurangan sumber vitamin ini maka kesehatan tubuh akan terganggu, sehingga tubuh tida bisa menyuplai nutrisi yang sangat di butuhkan oleh rambut. akibatnya rambut mengalami kerontokan, kering, serta kusam.

  • Berfungsi sebagai Vitamin E

Asupan sumber Vitamin E ini bermanfaat untuk melindungi struktur dalam tubuh. Namun tidak hanya itu saja, sumber Vitamin E ini juga sangat bermanfaat untuk melindungi struktur sel rambut, sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala, dan akar rambut menjadi lebih kuat, serta rambut akan terhindar dari kebotakan atau kerontokan. Kandungan antioksidan ini juga berfungsi untuk menjaga dan melindungi system jaringan tubuh dengan sebagai mana mestinya.

  • Berfungsi sebagai Vitamin C

Asupan Vitamin C ini berfungsi untu menagngkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan rambut seperti ketome dan kerontokan. Adapun Vitamin C yang berfungsi sebagai Antioksidan bermanfaat dalam membantu kolagen yang mampu memperkuat akar rambut.

  • Berfungsi sebagai Vitamin B12

Asupan sumber Vitamin B12 ini bermanfaat memperlancar produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan sel syaraf. Dalam hal ini menjadikan rambut lebih kuat dengan warna yang hitam mengkilap secara alami serta mencegah rambut memutih.

Itulah manfaat pisang dan kandungan nutrisinya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *