Museum Tongkonan Buntu Kalando Penyimpan Benda Sejarah

Tana Toraja memang tidak akan pernah mungkin kehabisan objek wisata. Terlalu banyak objek wisata yang tersimpan di tempat ini. Mungkin di internet sudah banyak sekali informasi mengenai dunia wisata di Tana Toraja. Tetapi bagaimana dengan obyek wisata yang satu ini berupa Museum Tongkonan Buntu Kalando?

Dahulu, Museum Tongkonan merupakan sebuah istana Sangalla. Tempat ini berdiam di Desa Lembang, Kecamatan Sangalla, Kabupaten Tana Toraja. Museum ini berlokasi sangat luas dan terdiri dari sebuah bangunan yaitu Tongkonan yang besar. Tongkonan Buntu Kalando dibangun sekitar tahun 1969. Tempat ini memiliki lumbung padi pada bagian depan. Selain itu juga terdapat sebuah bangunan yang dahulu digunakan sebagai rumah keluarga PuangSangalla www.ExploreToraja.com.

Karena perkembangan jaman yang terjadi, Tongkonan Buntu Kalando yang semula sebagai makam berganti status menjadi sebuah museum dengan bermacam-macam koleksi yang lengkap. Terdiri beberapa koleksi dari tahun-tahun yang berbeda. Museum Tongkonan Buntu Kalando dikenal sebagai museum penyimpan benda-benda jenis arkeologika, historika, numismatic, dan enografika keramik. Selain itu juga menyimpan batuan chert dan manik-manik jaman dahulu yang bentuknya sudah tidak utuh . Selain itu terdapat Balusu atau gading gajah yang berkaitan dengan keadaan sosial tiap orang. Terdapat juga gelang perak yang dahulu digunakan, lesung batu, kepingan mata uang kertas dan logam yang berkaitan dengan jaman sejarah nenek moyang.

Ada juga beberapa benda yang berupa keramik buatan dari berbagai negara di Eropa. Sedangkan untuk jenis koleksi lainnya adalah baka kua atau peti yang dibuat dengan bahan dasar rotan, tempat tuak, karu kayu, piring kayu, tempat minum, tambirang dan masih banyak lainnya. Tak terlupakan juga terdapat koleksi berupa alat tradisional menenun, pakaian adat asli Toraja, Pontopirri, PontoKalue dan peralatan perang yang digunakan sebagai pakaian.

Keberadaan museum memang sangat menguntungkan untuk mengenang dan mengingat kehidupan pada masa lampau. Tetapi semua itu tergantung bagaimana cara kita untuk menjaganya. Bagi Anda pecinta dunia sosial budaya, Anda bisa memanfaatkan Museum Tongkonan Buntu Kalando sebagai obyek wisata sejarah yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *