Materi Akuntansi Manajemen Keuangan

Dalam dunia ekonomi bisnis penggunaan akuntansi sangatlah penting guna memberikan informasi keuangan yang dapat di gunakan dalam mengambil sebuah keputusan. Ilmu akuntansi akan semakin berkembang pada saat semakin banyak kepentingan serta keputusan yang mesti di ambil dari penggunaan ilmu akuntnsi tersebut. informasi yang di butuhkan tak hanya pada laporan keuangan semata, namun juga alat utama untuk mengambil keputusan di masa yang akan datang. Meskipun perkembangan ilmu akuntansi sudah sangat pesat namun pada inti dari garis besarnya masih sangat sederhana.

Mengenal Ruang Lingkup Akuntansi Managemen Keuangan

materi akuntansi manajemen keuangan

materi akuntansi manajemen keuangan

Akuntansi dapat di golongkan menjadi dua jenis yakni akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Kedua jenis akuntansi tersebut memiliki beberapa perbedaan yang sangat mendasar seperti:

  • Ruang lingkup informasi
  • Kriteria informasi akuntansi
  • Pengguna laporan keuangan
  • Tujuan
  • Rentang waktu
  • Fokus dari sebuah informasi
  • Sifat informasi keuangan

Akuntansi keuangan sendiri memiliki fungsi untuk menyuguhkan informasi keuangan pada perusahaan untuk para pengguna yang ada di luar perusahaan atau bisa di sebut dengan pihak eksternal seperti para pemegang saham, karyawan, analis keuangan, kreditur, pemerintah, dirjen pajak dan lainnya. pengguna laporan keuangan yang berasal dari luar perusahaan menggunakan akuntansi keuangan tidak untuk mengambil keputusan pada perusahaan namun hanya keputusan tentang apa yang harus di jalani perusahaan tersebut di masa yang akan datang.

Akuntansi manajemen berfungsi sebagai penyedia informasi keuangan untuk keperluan manajemen atau biasa di sebut dengan pihak internal perusahaan. informasi yang di dapatkan akan di gunakan sendiri supaya dapat memberikan manfaat bagi manajemen itu sendiri untuk bahan dasar pertimbangan, evaluasi serta strategi yang akan di lakukan. ruang lingkup akuntansi manajemen sangatlah sempit tak seperti akuntansi keuangan. Akuntansi manajemen tidak hanya fokus pada perusahaan dengan lebih detail lagi. Akuntansi manajemen juga berorientasi pada masalah di masa mendatang, di karenakan pengambilan keputusan harus menyangkut hal yang berhubungan dengan masalah kebijakan perusahaan di masa yang akan datang.

Akuntansi manajemen juga memiliki waktu yang lebih fleksibel, hal tersebut terjadi karena adanya tuntutan dari manajemen yang mesti di ambil dengan cepat, tepat dan singkat. Rentang waktu yang di berikan mulai dari harian, mingguan serta bulanan atau bahkan hingga 10 tahun periode.pada akuntansi manajemen praktek yang bermanfaat dan telah berhasil maka akan ditiru oleh perusahaan lain da hal itu pula yang menyebabkan tersebarnya informasi secara luas pada bidang industri.

Dalam akuntansi manajemen tidak ada batasan aturan undang-undang ataupun komunitas yang dapat mengatur segala prakteknya. Jika semua praktek dapat memberikan manfaat maka perusahaan-perusahaan akan terus menggunakan praktek tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan membuka informasi untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *