Makanan Khas Gunung Kidul Yang Wajib Dicicipi

Gunung Kidul memiliki banyak sekali tempat wisata yang mempesona banyak orang. Ribuan orang datang dan menikmati keindahan tempat-tempat wisata di kawasan ini setiap harinya. Selain terkenal dengan objek wisatanya, kawasan memiliki berbagai macam kuliner khas yang unik namun lezat dan nikmat seperti: belalang goreng, gatot, nasi tiwul, nasi merah jirak, sayur lombok ijo dan masih banyak lainnya. Di artikel ini kami akan membahas mengenai kuliner-kuliner khas Gunung Kidul yang siap membuat lidah para penikmatnya bergoyang.

  1. Belalang Goreng

Kawasan Gunung Kidul terkenal dengan hutan pohon jatinya yang lebat. Di balik dedaunan pohon tersebut hidup belalang pohon jati yang memiliki ukuran besar. Oleh warga sekitar, hewan tersebut di manfaatkan sebagai lauk alternatif mereka. Mengolah makanan ini sangat simpel yaitu belalang yang telah ditangkap kemudian dibersihkan kotorannya setelah bersih maka digoreng mengunakan bahan sederhana seperti bawang putih tumbar dan bawang. Untuk rasa pedas maka ditambah bumbu cabe. Bagi sebagian orang mungkin mengerikan untuk memakannya tetapi saat telah menikmatinya maka rasa gurih dan renyah dari belalang goreng akan membuat ketagihan. Oleh sebab itu banyak wisatawan yang membeli makanan ini sebagai oleh-oleh khas Gunung Kidul.

  1. Nasi Tiwul

Nasi tiwul yang ada di Gunung Kidul berasal dari tepung gaplek yaitu singkong yang telah dikeringkan. Nasi tiwul merupakan makanan khas sekaligus makanan pokok masyarakat Gunung Kidul. Makanan ini dulunya identik dengan status orang miskin namun sekarang banyak orang yang mencari nasi tiwul karena lebih menyehatkan saat dikonsumsi dibanding dengan memakan nasi putih. Untuk rasanya, nasi tiwul memiliki rasa yang manis yang berasal dari singkong selain itu di dalam nasi tiwul   bisa ditambahkan gula jawa untuk menambah kelezatan nasi tiwul.

  1. Gatot Gunung Kidul

Selain tiwul, gatot juga merupakan makanan khas Gunung Kidul yang juga terbuat dari gaplek. Dalam penyajiannya, makanan ini akan lebih nikmat jika ditaburi demgam parutan kelapa dan ditambah sedikit garam. Makanan ini merupakan makanan ringan favorit warga Gunung Kidul namun saat ini banyak juga wisatawan yang membelinya dan mencicipinya karena makanan ini lezat dan juga nikmat.

Demikan penjelasan singkat mengenai kuliner khas Gunung Kidul. Masih banyak makan-makanan khas lainnya yang tidak kalah enak yang akan kami bahas di lain kesempatan. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan informasi dan referensi saat berkunjung ke Gunung Kidul. Bagi wisatawan yang ingin mencicipi makanan ini bisa datang ke Gunung Kidul dan jika datang dengan rombongan besar bisa sewa bus murah di Jogja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *