Nyeri Lambung: Penyebab dan Kapan Mengunjungi Dokter

Nyeri lambung bisa jadi akibat penyakit tukak lambung. Departemen Gastroenterologi & Hepatologi, Rumah Sakit Umum Singapura (SGH) berbagi penyebabnya dan kapan Anda harus menemui dokter.

/sites/hexassets/Assets/digestive-system/gastric-pain-causes-and-when-to-visit-a-doctor.jpg

Nyeri lambung: kapan anda perlu ke dokter?
Nyeri lambung tidak jarang terjadi di Singapura, sebuah negara di mana banyak orang mengalami stres dan memiliki makanan yang tidak teratur. Tapi apa sebenarnya nyeri lambung dan kapan sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda?

“Nyeri lambung biasanya digunakan untuk menggambarkan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada perut bagian atas. Gejala lainnya biasanya termasuk mulas, kembung, bersendawa dan mual, “kata dokter dari Departemen Gastroenterologi & Hepatologi, Rumah Sakit Umum Singapura (SGH), anggota kelompok SingHealth.

Nyeri lambung kadang disebut dispepsia non-bisul

Saat pasien hadir dengan rasa sakit perut atau lambung, dokter pertama-tama akan mencoba untuk menyingkirkan penyebab organik seperti bisul, radang dan kanker. Jika tes kembali normal dan tidak ada penyebab organik yang bisa ditemukan, nyeri lambung disebut dispepsia non-bisul.

“Dispepsia non-ulkus, juga dikenal sebagai dispepsia fungsional, sebenarnya merupakan sebagian besar kasus nyeri lambung,” kata dokter dari Departemen Gastroenterologi & Hepatologi di Rumah Sakit Umum Singapura (SGH). Kata dispepsia itu sendiri mengacu pada adanya nyeri persisten atau berulang atau ketidaknyamanan yang berpusat di perut bagian atas.

Penyebab nyeri lambung organik

Sementara dispepsia non-ulkus tidak memiliki penyebab yang jelas, dokter menduga adanya kaitan dengan stres. Dalam sebagian kecil kasus, tes dapat mengungkapkan penyebab nyeri lambung menjadi salah satu dari berikut ini:

Penyakit ulkus peptik: Cacat pada lapisan paling dalam dari dinding perut atau duodenum (di mana usus kecil terhubung ke perut).

Sebagian besar ulkus peptik disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori (H. pylori), serta penggunaan obat antiinflamasi non steroid (NSAID) seperti aspirin dan obat penghilang rasa sakit lainnya. ubat gastrik

Infeksi H. pylori dapat dikesampingkan dengan tes darah, tes nafas urea, tes tinja atau dengan tes yang dilakukan selama endoskopi.
Gastro-oesophageal reflux disease (GERD): Kondisi kronis dimana asam lambung atau empedu mengalir kembali ke pipa makanan (kerongkongan), mengganggu lapisannya.

Untuk menyingkirkan GERD, dokter Anda mungkin merekomendasikan endoskopi. Dalam ujian ini, tabung tipis yang berisi kamera mungil dilewatkan melalui mulut untuk memeriksa kerongkongan, perut dan duodenum.
Penyakit batu empedu: Batu empedu biasanya tidak menimbulkan tanda atau gejala. Namun, pembengkakan kantong empedu atau penyumbatan saluran empedu dapat menyebabkan sakit perut yang parah. Kadang-kadang, batu empedu pada mereka sendiri dapat menyebabkan rasa sakit tanpa pembengkakan kantung empedu yang signifikan atau penyumbatan saluran empedu.

Pemindaian ultrasound dan CT scan dapat membantu mengungkap adanya batu empedu.
Kanker: Kanker perut, kanker pankreas atau kanker hati juga bisa menyebabkan sakit perut.

Kanker dapat dikesampingkan selama endoskopi, karena sampel jaringan kecil dapat diperoleh dan diperiksa untuk sel kanker. Sebagai alternatif, pemeriksaan x-ray barium makan dapat direkomendasikan. Swtich Gel Ubat Gastrik

Kapan harus mengunjungi dokter untuk nyeri lambung

Jika Anda menderita sakit lambung, Anda harus segera menemui dokter jika Anda:

Muntah darah atau pingsan tinja berwarna hitam (menunjukkan adanya darah).
Terus muntah setelah makan.
Menderita penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.
Rasakan sakit perut yang parah dan menyiksa.
Selain itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika gejala Anda muncul baru-baru ini. Dalam kebanyakan kasus, gejala nyeri lambung sudah lama, kadang-kadang terjadi beberapa dekade. Gejala seperti itu kemudian cenderung menunjukkan masalah kesehatan yang serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *