Bahayanya Memberikan Madu Pada Bayi yang Berusia Dibawah 1 Tahun

Madu di kenal mempunyai banyak faedah, ditambah sekali lagi madu bercita rasa lezat yang mungkin saja dapat memanjakan lidah Si Kecil. Meskipun demikian, anda dianjurkan tidak untuk memberi madu pada bayi anda yang masih tetap berumur dibawah 1 th..

Madu termasuk juga makanan alami yang nampaknya aman diberi pada semuanya kelompok. Tetapi, madu memiliki kandungan bakteri Clostridium botulinum yang dapat beresiko jelek untuk kesehatan sang bayi. Bakteri itu umumnya aman bila dikonsumsi oleh anak-anak berumur 1 th. ke atas, tetapi demikian sebaliknya bila dikonsumsi oleh bayi

Bahayanya Memberikan Madu Pada Bayi yang Berusia Dibawah 1 Tahun

Bayi berumur 1 th. ke bawah belum juga mempunyai usus yang kuat untuk melawan bakteri itu. Akhirnya, bakteri dapat berkembang serta menghasilkan toksin yang dapat menyebabkan keracunan makanan (botulisme).

Botulisme sendiri adalah penyakit yang tidak sering berlangsung, tetapi dapat punya potensi jadi penyakit yang fatal serta meneror jiwa. Bakteri Clostridium botulinum dapat menyerang system sarafnya, buat otot-ototnya lemah bahkan juga lumpuh, dan mengganggu system pernafasannya.

Sinyal awal bayi anda alami botulisme yakni Si Kecil jadi susah buang air besar dengan kata lain konstipasi. Mungkin saja juga tangisan tak akan sekencang umumnya, dia juga jadi kehilangan nafsu makan serta badannya tampak lemas.

Keadaan itu mesti selekasnya diatasi oleh perlakuan medis manfaat hindari komplikasi yang dapat meneror jiwanya.

Argumen beda kenapa anda janganlah memberi madu pada minuman dan makanan bayi yakni konsumsi manis ini dapat mengakibatkan kerusakan giginya yang juga akan tumbuh kelak. Bukan sekedar itu, bayi mungkin saja jadi punya kebiasaan dengan rasa manis serta membuatnya terus-menerus menginginkan konsumsi makanan manis.

Bila telah punya kebiasaan dengan makanan manis, di masa yang akan datang, resiko Si Kecil menanggung derita keunggulan berat tubuh atau obesitas jadi lebih tinggi. Hal ini dapat juga menyebabkan dia terserang diabetes type 2, penyakit jantung, serta sebagian type kanker.

Anda mungkin saja sempat lihat terdapat banyak product makanan bayi yang ditambah madu seperti sereal. Madu pada product itu aman dikonsumsi karna bakteri yang ada di dalamnya telah mati karena sistem pemanasan. Tetapi, bila anda cemas dengan keamanannya, anda dapat mengonsultasikannya ke dokter terlebih dulu.

Panduan Memanjakan Lidah Si Kecil dengan Langkah Sehat

Bayi berumur 0 sampai 6 bln cuma diijinkan konsumsi ASI atau susu formula selain itu juga jangan lupa untuk mempersiapkan semua perlengkapan bayi baru lahir yang dibutuhkan bayi usia 0-6 bulan. Sesudah melalui umur itu, bayi telah dapat diperkenalkan dengan makanan padat. Nah, untuk hindari penggunaan madu manfaat menaikkan cita rasa konsumsi makanannya, anda dapat berikan pemanis alami yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatannya seperti :

  1. Juice buah fresh.
  2. Pisang yang dihancurkan.
  3. Buah-buahan kering.
  4. Susu formula.
  5. ASI.
  6. Yogurt tawar.

Jauhi memberikan juice buah paket atau yogurt manis pada makanannya, karna product itu memiliki kandungan kandungan gula tinggi yg tidak baik untuk Si Kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *