Simak Tata Cara Perawatan Bayi Baru Lahir Berikut

Seperti yang kita ketahui, merawat bayi yang baru lahir tidak mudah untuk dilakukan dengan baik. Apalagi ketika orang tua pertama kalinya merawat, tentu hal ini butuh penyesuaian yang tepat dan juga benar.  Jangan sampai para orang tua cenderung teledor dalam merawat bayi, karena sekali ia teledor maka akan bisa berakibat fatal bagi si bayi. Oleh karena itu yuk simak tata cara perawatan bayi bayu lahir sebagai berikut :

Tips dan Tata Cara Perawatan Bayi Baru Lahir Yang Baik dan Benar

tips sederhana melakukan perawatan bayi baru lahir

  • Memandikan bayi

Ketika anda sedang memandikan bayi gunakan spons yang lembut untuk bayi anda. Pilih produk yang berkualitas seperti sabun mandi dari produk Zwitsal agar mampu mencegah timbulnya iritasi pada kulit bayi. Perlengkapan bayi yang biasanya diperlukan ialah waslap, handuk halus dan juga bak mandi. Jangan lengah ketika memandikan bayi anda, karena ketika anda lengah sebentar saja maka akibatnya sangat fatal bagi bayi anda.

  • Mengganti popok

Sering lah mengganti popok bayi secara rutin stidaknya beberapa kali dalam sehari. Tak hanya itu, gunakan popok yang berkualitas serta nyaman dan lembut bagi bayi. Setidaknya mengganti popok 7 sampai 10 kali dalam sehari juga mampu meminimalisir kotoran yang menumpuk pada popok. Jika kotoran menumpuk dalam popok, maka akan menyebabkan ruam serta timbulnya rasa tidak nyaman bagi bayi.

  • Memberikan ASI

Perawatan bayi baru lahir selanjutnya ialah memberikan ASI eksklusif.  Jangan lupa juga mengatur posisi dan mengganti posisi ketika memberikan ASI pada sikecil. Jangan menunggu bayi mulai menangis uuntuk memberikan ASI karena agar bayi tidak merasa kehausan. Selain itu, ketika bayi mengis pun ia tidak bisa menelan makanan yang ada dimulutnya karena posisi lidah tidak seperti ketika ia tidak menangis.  Tak hanya itu, memberikan ASI ketika si bayi menangis juga bisa membuat bayi tersedak. Memberikan ASI sebenarnya bisa 8 hingga 15 kali dalam sehari.

Demikian informasi mengenai tata cara perawatab bayi baru lahir yang bisa penulis bagikan. Jangan bosan yaa bunda dalam merawat kesehatan untuk si kecil agar nanti tumbuh kembangnya menjadi anak yang cerdas. Semoga bermanfaat.

Referensi Artikel: https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/perawatan-bayi-baru-lahir-cara-membersihkan-merawat-tali-pusat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *