Pengobatan dan Pencegahan Jerawat Kistik

Obat Jerawat

Pengobatan dan pencegahan jerawat kistik
Bekas luka jerawat
Kista bisa menyebabkan kerusakan pada kulit yang menyebabkan jaringan parut.
Pengobatan jerawat yang parah dan cystic memerlukan bantuan dokter spesialis dan beberapa tindakan perawatan diri. Pengobatan obat bisa efektif mencegah kista dan jaringan parut.

Jerawat ringan atau sedang bisa ditangani dengan bantuan dokter. Namun, jerawat parah yang ditandai dengan nodul dan kista, yang mungkin meninggalkan bekas atau sudah menunjukkan tanda bekas luka, mungkin perlu dirujuk ke spesialis. Ini sebagian karena obat utama yang digunakan untuk mengobati jerawat kistik dikontrol dengan ketat.

Benozil peroksida

Benzoil peroksida adalah perawatan yang tersedia untuk orang-orang dengan jerawat dengan tingkat keparahan apapun. Ini juga merupakan pilihan pengobatan untuk orang dengan jerawat parah yang sedang menunggu perawatan khusus.

Benzoil peroksida tersedia langsung dari apotek di atas meja dalam sejumlah formulasi yang dapat diterapkan pada kulit. Ini telah menjadi andalan dalam pengobatan jerawat selama lebih dari 50 tahun, dan bekerja dengan membunuh bakteri, terutama P. acnes, dan memecah komedo.

Formulasi benzoil peroksida berbasis air dan berbasis alkohol tersedia, dan bentuk yang paling sesuai tergantung pada jenis kulit. Persiapan berbasis alkohol memiliki efek pengeringan, membuat ini lebih cocok untuk orang dengan kulit berminyak.

Produk benzoil peroksida, yang meliputi cairan pembersih dan batangan, lotion, krim, dan gel, digunakan satu atau dua kali sehari. Efek samping yang paling umum adalah iritasi kulit; alergi jarang terjadi

Saran perawatan diri

Langkah praktis untuk menghindari jerawat membuat jerawat bermanfaat bagi siapa saja yang berjerawat, termasuk orang dengan jerawat kistik:

Jangan mencuci terlalu sering – dua kali sehari sudah cukup, gunakan sabun ringan atau pembersih dan air suam-suam kuku.
Jangan menggosok dengan kasar saat mencuci – hindari sabun abrasif, butiran pembersih, zat pengencer atau agen pengelupas kulit.
Meninggalkan jerawat sendirian karena memetik dan meremas cenderung memperburuk jerawat.
Hindari penggunaan make up yang berat, pilih formulasi berbasis air, non-comedogenic, hindari formulasi berminyak, dan pastikan untuk menghapus make up sebelum tidur.
Pengobatan obat dengan isotretinoin

Isotretinoin adalah obat resep untuk pengobatan jerawat kistik, dijual dengan sejumlah nama merek di Amerika Serikat (A.S.), termasuk Absorica, Amnesteem, Claravis, Myorisan, dan Sotret.

Isotretinoin adalah pengobatan yang sangat efektif, namun memiliki efek samping yang signifikan, dan berbahaya bagi anak yang belum lahir. Biasanya diminum dengan dosis 1 miligram setiap kilogram berat badan satu kali sehari selama 16-20 minggu.

Untuk kasus jerawat sedang, isotretinoin tidak dianjurkan sampai pengobatan standar dengan antibiotik oral telah dicoba dan ternyata tidak efektif. Isotretinoin direkomendasikan sebagai pengobatan lini pertama untuk jerawat berat.

Efek samping yang potensial yang terkait dengan penggunaan isotretinoin meliputi:

mata dan genital kekeringan
bibir pecah-pecah
nyeri sendi
depresi
kerusakan hati
peningkatan kadar lipid
Isotretinoin adalah obat teratogenik; Ini berarti mengambilnya selama kehamilan (pada dosis apa pun, bahkan untuk waktu yang singkat) dapat menyebabkan cacat lahir.

Isotretinoin juga dapat menyebabkan hilangnya kehamilan atau kelahiran prematur, dan dapat menyebabkan kematian bayi baru lahir.

Wanita yang memiliki kapasitas untuk hamil harus menggunakan dua metode kontrasepsi selama 1 bulan sebelum, selama, dan setidaknya sebulan setelah perawatan dengan isotretinoin.

Pengujian untuk kehamilan juga diperlukan sebelum memulai isotretinoin dan kemudian setiap bulan sampai 1 bulan setelah menghentikan obat.

Karena bahaya mengkonsumsi isotretinoin selama kehamilan, ketersediaan obat dibatasi dan hanya dapat diberikan oleh resep yang terdaftar dan dikeluarkan di apotek terdaftar sebagai bagian dari program iPLEDGE, yang juga memerlukan pendaftaran pasien. Kondisi untuk diberi resep obat termasuk menghasilkan dua tes kehamilan negatif.

Suntikan steroid

Injeksi kortikosteroid (triamcinolone) secara langsung ke dalam kista dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah jaringan parut. Perawatan ini dilakukan oleh dokter kulit.

Mungkin ada efek samping jangka pendek setelah injeksi.

Ahli dermatologi juga dapat menawarkan sayatan dan drainase kista besar tertentu, namun sangat disarankan agar orang tidak mencoba sendiri karena hal itu akan memperburuk masalah kulit dan dapat menyebabkan jaringan parut dan infeksi serius.

Pil KB

Pengobatan jerawat jangka panjang pada wanita dapat melibatkan pil KB, yang menekan produksi sebum. Bila perlu, obat oral yang mengandung estrogen dan progesteron dapat digunakan selama 6 bulan atau lebih.

Obat yang disebut spironolakton juga bisa diresepkan dengan pilnya. Ini adalah steroid sintetis yang menghambat androgen.

Tanda dan gejala jerawat kistik
Jerawat menghasilkan gejala yang tidak asing bagi kita semua. Jerawat kistik bahkan lebih terlihat karena ini adalah bentuk yang paling parah dan menghasilkan kista dan nodul di samping papula dan pustula inflamasi. Jerawat juga bisa menyebabkan luka parut yang terlihat.

Semua bentuk jerawat dapat mempengaruhi harga diri dan mood, namun risiko tekanan psikologis lebih tinggi untuk jerawat kistik karena biasanya memiliki dampak lebih besar pada penampilan wajah dan secara tidak proporsional mempengaruhi orang dewasa muda yang mungkin lebih sensitif secara sosial.

Kebanyakan orang dengan jerawat biasanya tidak mengalami gejala fisik, namun penampilan kulit bisa menimbulkan tekanan emosional. Dalam jerawat kistik, bagaimanapun, kesusahan mungkin lebih besar, dan kista mungkin menyakitkan.

Obat Flek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *